Powered By Blogger

Sabtu, 09 Februari 2013

makalah bahaya meroko tahun 2013


BAHAYA MEROKOK

Makalah ini diajukan untuk memenuhi salah satu
tugas mata pelajaran bahasa Indonesia dalam diskusi kelas
jl. Garuda no.100 hp. (0262)522369 bumgbulang garut















Disusun Oleh :
Ali mansyah N.
Kiki shaman
Saepul azhar
Sumarno
Dede s.



















PENDAHULUAN
1.Latar Belakang

Dalam pergaulan sehari-hari, kita tidak dapat di pisahkan dari rokok. Hampir setiap orang di dunia mengenalnya. Beberapa orang menganggap, mengkonsumsi rokok merupakan hal yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Di dalam kenikmatan sebatang rokok , tersimpan juga bahaya yang begitu besar. Banyak zat kimia yang sangat berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok. Lebih dari 1000 jenis bahan kimia yang berbahaya terkandung di dalamnya. Meskipun masyarakat mengetahuinya, tak sedikit dari mereka yang mengabaikan bahaya tersebut.

Dampak dari rokok itu sendiri tidak hanya orang yang menghisap secara langsung rokok tersebut. Namun juga orang di sekitarnya yang juga menghirup udara di sekitar perokok tersebut, atau disebut perokok pasif. Akibatnya, kerugian yang di akibatkan asap rokok tersebut hampir tidak di ketahui oleh perokok pasif tersebut. Akibatnya, banyak orang tidak bersalah yang merasakan dampak negatif dari rokok tersebut.

2. Identifikasi Masalah

1.Apakah itu rokok?
2.Apa dampak negatif rokok bagi perokok aktif?
3. Apa dampak negatif bagi perokok pasif?
4. Zat apa yang terkandung dalam rokok?
5.Mengapa orang sulit untuk melepasan diri dari candu rokok?
6.Bagaimana cara untuk melepaskan diri dari candu rokok?
7.Apa yang menyebabkan orang tertarik untuk merokok?
8.Apa upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah pengkonsumsi rokok ?
9.Apa ciri orang yang merokok?
10.Apa dampak positif dan dampak negatif rokok pada sektor ekonomi?
11.Penyakit apa yang dapat ditimbulkan dari rokok ?
12.Kenapa rokok diharamkan oleh MUI?
3.Rumusan Masalah
Dari uraian identifikasi masalah di atas dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
Apa bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif ?”

4.Tujuan
1.Untuk mengetahui tentang rokok.
2.Untuk mengetahui bahaya – bahaya rokok bagi perokok pasif maupun perokok aktif.
3.Untuk mencegah ataupun mengurangi penyebaran rokok di kalangan pelajar.
4.Untuk mengetahui penyakit yang ditimbulkan bila kita mengkonsumsinya.


MASALAH
1.Landasan Teori

-Menurut situs www.wikipedia.com, rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun – daun tembakau yang telah dicacah.
-Menurut situs Computer Media Learning, Perokok pasif adalah orang-orang yang tidak merokok, namun menjadi korban perokok aktif karena turut mengisap asap sampingan (di samping asap utama yang dihembuskan balik oleh perokok)
-Menurut situs http://iervanzone.blogspot.com/: Perokok aktif mempunyai pengertian orang yang melakukan langsung aktivitas merokok dalam arti mengisap batang rokok yang telah dibakar.

-Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis , yaitu :

A.Rokok berdasarkan bahan pembungkus

-Klobot : rokok yang bahan pembungkusnyaberupa daun jagung.
-Kawung : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.
-Sigaret : rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.
-Cerutu : rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.

B.Rokok berdasarkan bahan baku atau isi

-Rokok putih : rokok yang bahan baku atau isinya hanya daun tembakau yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
-Rokok kretek : rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau dan cengkeh yang diberi saus untuk mendapatkan efek rasa dan aroma tertentu.
-Rokok klembak : rokok yang bahan baku atau isinya berupa daun tembakau, cengkeh, dan kemenyan yang diberi saus untuk mendapat efek rasa dan aroma tertentu.

-Cara mengatasi bahaya rokok

Adapun untuk mengatasi kecanduan merokok di antaranya adalah hal – hal berikut :
-Tarbiyah (pendidikan) keimanan yang sungguh – sungguh untuk setiap individu masyarakat.
-Adanya teladan yang baik saat di rumah, sekolah dan lingkungan lainnya.
-Melarang para guru merokok di depan murid – muridnya terutama yang masih berusia belia.
-Penerangan yang gencar dan intensif tentang bahaya merokok.
-Membebankan pajak yang tinggi terhadap berbagai jenis rokok.
-Melarang merokok di tempat – tempat kerja, stasiun, bandara, dan tempat – tempat umum lainnya.
-Menyebarkan fatwa para ulama yang menjelaskan tentang haramnya rokok.
-Menyebarkan nasihat – nasihat dan peringatan – peringatan dokter tentang bahaya rokok.
-Peringatan tentang bahaya rokok dalam ceramah – ceramah, khutrbah, dan lainnya.

-Cara untuk berhenti merokok

-Tetapkan tanggal stop merokok.
-Minta dukungan kerabat atau teman dekat, dan berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan terapi yang dapat membantu anda.
-Pikirkan dan ingat selalu manfaat stop merokok terhadap kesehatan dan hidup anda.
-Kenali dan singkirkan semua pemicu kebiasaan merokok anda.
-Buang dan singkirkan rokok dari rumah serta mobil anda.
-Hindari lingkungan atau teman yang dapat memicu anda untuk merokok.

Pembahasan

Untuk dapat mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif maupun aktif, kita dituntut untuk memahami bahaya bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif. Sehingga, bahaya tersebut dapat di hindari dan dapat meminimalisir kemungkinan terjerumusnya kita kedalam candu rokok. Banyak orang-orang tidak bersalah yang menjadi korban perokok aktif hanya karena perokok-perokok aktif tersebut mencemarkan udara yang juga mereka hisap.

Walaupun pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam membatasi seseorang untuk merokok, membatasi peredaran rokok, menaikan harga cukai, hingga menutup pabrik rokok. namun kebijakan pemerintah tersebut mendapat pertentangan yang sangat keras dari para buruh, konsumen, dan Industri pabrik rokok. pertentangan yang berat tentu saja dari pabrik rokok, keuntungan yang bisa diperoleh langsung terhenti, alat-alat pembuat rokok pun menjadi tidak berguna. Oleh karena itu pemeritnah harus mempunyai solusi untuk mengatasinya. Pertimbangan lain yang membuat pemerintah bimbang adalah, Petani tembakau indonesia hanya mampu memasok sekitar 20% dari tembakau yang dibutuhkan oleh industri yang ada di Indonesia. Artinya 80% lainnya harus impor dan berarti negara menerima tambahan devisa yg cukup besar dari rokok tersebut.

zat utama yang terkandung dalam rokok adalah Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen(zat pemicu kanker), dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat sel darah merah dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.







Kesimpulan

Dalam uraian pada pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif atau perokok aktif, kita harus :

A.Mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif.

B.Pengetahuan bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif dapat kita terapkan untuk penerapan hidup sehat.

C.Jika kita menguasai pengetahuan tentang bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif, kita dapat menghidari bahaya rokok tersebut.

D.Perokok pasif jauh lebih menerima akibat yang lebih bahit di banding perokok aktif.

E.Perokok aktif dapat mengidap penyakit kanker apabila telah tergantung berat dengan rokok.


Contoh administrasi perkantoran


Administrasi
  1. a. Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan [1]
Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi : catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan ketik-mengetikm agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna
    b. DMINISTRASI/MANAJEMEN PENDIDIKAN
Dalam pembahasan ini, konsep administrasi dipandang sama dengan konsep Manajemen. Manajemen Pendidikan terdiri dari dua kata yaitu manajemen dan pendidikan, secara sederhana manajemen pendidikan dapat diartikan sebagai manajemen yang diterapkan dalam bidang pendidikan dengan spesifikasi dan ciri-ciri khas yang berkaitan dengan pendidikan. Oleh karena itu pemahaman tentang manajemen pendidikan menuntut pula pemahaman tentang manajemen secara umum. Berikut ini akan dikemukakan tentang makna manajemen.
    2. a. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
    b. guru merupakan agen perubah yg kita kenal selama ini sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. tapi terlepas dari itu apakah guru adalah agen perubah kebajikan atau agen perusak mental sudah sangat susah untuk kita ukur. hal ini menurut hemat saya dikarenakan kebanyakan guru2 masa kini sudah tidak lagi mengajar sesuai hati nurani mereka, berbeda dengan para guru angkatan tua yg betul2 mengajar karena keinginan untuk melakukan perubahan. hal ini dapat kita lihat dari berbagai macam kejadian yg ada disekitar kita. perkelahian antar pelajar hampir tiap hari dipertontonkan dilayar kaca, perilaku sex menyimpang oleh anak sekolah juga tidak kalah hebohnya. pergaulan bebas, mental bobrok para pelajar juga menjadi top news diberbagai media. nah, dari fenomena ini maka eksistensi guru hari ini perlu dipertanyakan. mengapa tidak miliaran anggaran pemerintah telah gelontorkan untuk menopang keuangan para guru2 dengan harapan agar mereka mampu mengoptimalkan pembelajaran guna bisa menciptakan anak didik yg berakhlak dan berprestasi, tapi kenyataanya jauh panggang dari api. kebobrokan kaum pelajar semakin hari semakin memprihatinkan..Nah oleh karena itu melalui FIM ini mampukah kita menjawab problema ini. jangan2 kita yg tergabung dalam FIM ini hanya sekedar beergabung saja tanpa ada tujuan yg jelas, hanya menjadikan kegiatan di FIM ini sebagai trend untuk unjuk kebolehan yg akhirnya juga tidak menghasilkan

c. Siswa adalah raja
Kalimat yang sering kita dengar adalah “Pembeli adalah Raja”. Slogan itu telah melekat di hati semua lapisan kelas masyarakat. Semua setuju, bahwa seorang konsumen harus diperlakukan selayaknya “Raja” yang dalam konteks ini konsumen akan menerima total pelayanan terbaik terhadap jasa/barang yang telah dibelinya, bahkan pada beberapa produk layanan barang/jasa juga memberikan layanan terbaik pada purna jualnya. Pada bukunya Bottom up Marketing, Al Rise dan Jack Trout menyatakan bahwa your tactic should not be customer oriented. Apabila kita berkonsentrasi pada konsumen (customer centric), kita akan melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Pekerjaan-pekerjaan yang dimaksud adalah menanamkan brand perusahaan pada benak target, meningkatkan image positif, memberikan pelayanan terbaik, dan pada saat yang bersamaan berupaya meningkatkan jumlah pelanggan dan merebut pelanggan baru. (Bottom-Up Marketing — New York. McGraw-Hill. 1989.)

  1. Pengertian / definisi Organisasi. Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.

4.
Dalam hubungannya dengan misi pendidikan, kepemimpinan dapat diartikan sebagai usaha Kepala Sekolah dalam memimpin, mempengaruhi dan memberikan bimbingan kepada para personil pendidikan sebagai bawahan agar tujuan pendidikan dan pengajaran dapat tercapai melalui serangkaian kegiatan yang telah direncanakan

5.


  1. Manajemen pendidikan adalah keseluruhan (proses) yang membuat sumber-sumber personil dan materiil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan bersama. Ia mengerjakan fungsi-fungsinya dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang. Proses ini meliputi perencanaan, organisasi, koordinasi, pengawasan, penyelenggaraan dan pelayanan dari segala sessuatu mengenai urusan sekolah yang langsung berhubungan dengan pendidikan seklah seperti kurikulum, guru, murid, metode-metode, alat-alat pelajaran, dan bimbingan. Juga soal-soal tentang tanah dan bangunan sekolah, perlengkapan, pembekalan, dan pembiayaan yang diperlukan penyelenggaraan pendidikan termasuk didalamnya.

MAKALAH TERBARU 2013

-->

KATA PENGANTAR

Dengan memuji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah S.W.T., yang menganugerahkan keagungan cinta-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalahtentang “Polusi Udara, Dampak dan Langkah Penanganan” dengan lancar, singkat dan insyaAllah berisi.
Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Ibu Winda. RS selaku Guru Mapel IPA atas bantuannya dan kepada kedua Orang Tua kami yang telah memberikan dorongan material dan moril.
Akhir kata, kami menyadari bahwa tiada gading yang tak retak, oleh karena itu kami harap saran, kritik dan masukan dari semua pihak guna kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kami dan semua pihak. Amin…




Cipelang , 09 Desember 2012



















i

















MAKALAH

POLUSI UDARA


















Penyusun
:

Ketua
:
Ade Syahrul
Anggota
:
Husen Ahmad ubarok


Husna Mujahid Zundullah


Farizal Mu'min


Wahyudin







Kp.Cipelang Ds. Cihikeu Kec. Bungbulang Kab. Garut 41665





ii












DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………..........................................……………………………………………………i
KATA PENGANTAR…………..........................................……………………..………………….…....................ii
DAFTAR ISI………………..........................................…………………………………….……..................…….iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………........................................................................………………….…..1
B. Rumusan Masalah………………………………….......................................................................……..……1
C. tujuan…………………………………………...........................................................................………………1
BAB II ISI
PEMAPARAN RUMUSAN MASALAH…………................................................................................…………2
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan……………………..…………….........................................................................……………..…6
B. Saran…………………………………..………..........................................................................…………..….6
DAFTAR PUSTAKA………..……………………...........................................................…………………………7


















































iii

BAB I

PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Udara merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan seluruh makhluk hidup diseluruh muka bumi. Udara yang bersih sangat didambakan oleh semua makhluk hidup, terutama manusia. Namun, pembangunan yang terjadi mengakibatkan beragam polusi, antara lain:
Polusi udara, polusi air, polusi suara dan sebagainya.
Permasalahan yang sering terjadi di Negara berkembang adalah bagaimana mengatasi dampak negatif dari pembangunan. Diantara dampak negatif tersebut adalah polusi udara dan dampak yang diakibatkannya bagi kesehata masyarakat dan lingkungan.
Dalam makalah ini kami akan memaparkan secara khusus tentang polusi udara, jenis-jenis, penyebab, akibat dan cara penanganan.
B. RUMUSAN MASALAH
Dalam penulisan makalah ini kami akan memaparkan masalah mengenai:
a. Apa saja jenis-jenis polusi udara dan penyebabnya ?
b. Dampak apa yang diakibatkan dan bagaimana langkah penanganan polusi udara ?

C. TUJUAN
Tujuan penulisan makalah ini adalah agar diketahui jenis-jenis polusi udara beserta penyebabnya, dampak dan langkah penanganan polusi udara guna menjadikan kehidupan masyarakat dan lingkungan yang semakin sehat.






















1








BAB II
ISI
(PEMAPARAN RUMUSAN MASALAH)
A. Udara
Dalam kehidupannya, manusia setiap hari melakukan pernapasan untuk dapat melangsungkan kehidupannya. Didalam bernafas manusia melakukan dua siklus sekaligus yaitu: pengeluaran / penghembusan udara dengan mengeluarkan CO2 dan pemasukan / menghirup udara (O2). Siklus tersebut terjadi terus menerus selama manusia hidup. Dialam bebas, diketahui penghasil O2 adalah tumbuhan hijau yang melakukan fotosintetis.
Udara yang bersih bermanfaat untuk kehidupan manusia, namun sebaliknya udara yang terkena pencemaran udara sangat buruk akibatnya bagi kesehatan dan kehidupan makhluk hidup terutama kehidupan manusia. Pencemaran udara tersebut sering terjadi sebagai efek negatif dari pembangunan dinegara berkembang, industri dinegara maju, aktifitas alam dsb.
Dengan pengetahuan tentang udara bersih, sehat maka akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat luas.
B. Polusi Udara
Seperti sudah disinggung diatas, polusi udara terjadi sebagai efek negatif dari pembangunan dinegara berkembang, industri dinegara maju, aktifitas alam dsb.
Secara garis besar polusi udara dibagi menjadi partikulat dan polusi gas.
1. Partikulat
Partikulat (partikel) adalah pencemaran udara yang dapat berada bersama-sama bahan / bentuk pencemaran lain, macam-macam partikulat:
a. Aerosol: tersebarnya partikel halus zat padat atau cairan dalam gas atau udara.
b. Kabut (fog): aerosol yang berupa butiran air yang berada diudara.
c. Asap (smoke): campuran antara butir padatan dan cairan terhembus melayang diudara.
d. Debu (dust): aerosol yang berupa butiran melayang diudara karena adanya hembusan angin.
e. Fume: aerosol yang berasal dari kondensasi uap logam.
f. Plume: asap yang keluar dari cerobong asap suatu industri.
g. Smoge: campuran dari smoke dan fog.
2. Gas
a. Sulfur Dioksida (SO2): dihasilkan oleh batu bara, bahan bakar minyak yang mengandung sulfur, pembakaran limbah pertanah, dan proses dalam industri. Dampak: efek iritasi pada saluran napas sehingga menimbulkan gejala batuk dan sesak napas.
b. Hidrogen Sulfida (H2S): dihasilkan dari kawah gunung yang masih aktif dan dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, dapat merusak indra penciuman (nervous olfactory)
c. Nitrogen Oksida (N2O), Nitrogen Monoksida (NO), Nitrogen Dioksida (NO2): gas-gas ini berasal dari berbagai jenis pembakaran, gas buang kendaraan bermotor, peledak, pabrik pupuk. Efek: mengganggu sistem pernapasan dan melemahkan sistem pernapasan paru dan saluran napas sehingga paru-paru mudah terserang infeksi.
d. Amoniak (NH3): berasal dari proses industri. Amoniak menimbulkan bau yang tidak sedap menyengat. Dan dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, bronchitis, merusak indra penciuman.
e. Karbon Dioksida (CO2), Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon: semua hasil pembakaran menghasilkan gas ini, begitu juga proses industri. Gas ini menimbulkan efek sistematik, karena meracuni tubuh dengan carapengikatan hemoglobin yang amat vital bagi oksigenasi jaringan tubuh akibatnya apabila otak kekurangan oksigen dapat menimbulkan kematian. Dalam jumlah kecil dapat menimbulkan gangguan berpikir, gerakan otot, gangguan jantung.
3. Gangguan Kesehatan
Gangguan kesehatan yang diakibatkan adanya pencemaran udara dikelompokkan menjadi 4 yaitu:
2
a. Korosif: bahan pencemar bersifat merangsang terjadinya proses peradangan pernapasan pada bagian atas.
b. Asfiksia:
ini terjadi menyusul berkurangnya kemampuan tubuh dalam mengikat oksigen atau berkurangnya kadar oksigen didalam tubuh.
c. Anesthesia: adalah dampak pencemaran udara yang bersifat menekan susunan saraf pusat sehingga mengakibatkan kehilangan kesadaran.
d. Toksis: dampak yang ditimbulkan adalah timbulnya gangguan pada sistem pembuatan darah dan menyebabkan keracunan pada susunan saraf.
4. Pengendalian Emisi
Bila emisi dikeluarkan dari suatu aktivitas tidak sesuai dengan baku mutu emisi, perlu dilakukan pengendalian terhadap emisi itu.
Berbagai alat pengendalian emisi antara lain:
a. Filter Udara: berguna untuk menyaring partikel yang ikut keluar pada serobong agar tidak ikut terlepas kelingkungan.
b. Pengendap Silikon: pengendap partikel yang ikut dalam emisi dengan pemanfaatan gaya sentrifugal dari partikel yang sengaja dihembuskan melalui tepi dinding tabung silikon.
c. Pengendap Sistem Gravitasi: berupa ruang panjang yang dialiri udara kotor secara perlahan sehingga partikel akan mengendap karena gaya beratnya.
d. Pengendap Elektrostatik: digunakan untuk pemisahan partikel dibawah 5µm. Alat ini cocok untuk membersihkan udara kotor dalam volume besar, alat ini berupa tabung silinder yang dibagian tengahnya diberi kawat yang dialiri arus listrik, udara kotor akan menjadi ion negatif dan tertarik kedinding tabung, udara bersih akan berlalu.
e. Filter Basah: untuk memisahkan pencemaran non-partikel, media pemisah yang digunakan adalah larutan penyerap.
f. Pengendalian khusus / menyaring gas SO2, NOHX maupun VOCS.

  1. Hujan Asam
Atmosfer dapat mengangkut berbagai cat pencemar ratusan kilometer jauhnya, sebelum menjatuhkannya kepermukaan bumi. Dalam perjalanan jauhnya, Atmosfer bertindak sebagi reaktor kimia yang kompleks merubah cat pencemar setelah berinteraksi pada zat lain, uap air dan energi matahari. Pada kondisi dimana SO2 bereaksi menjadi uap air membentuk H2SO4 (asam sulfat) dan NO2 bereaksi dengan air uap air membentuk HNO3 (asam nitrat) yang selanjutnya turun kepermukaan bumi bersama air hujan yang dikenal dengan hujan asam, air hujan dengan Ph 5,6 dapat menimbulkan kerusakan berbagai jenis logam.
Dampak dari hujan asam antara lain:
a. Merusak bangunan dan berkaratnya logam.
b Mempengaruhi kualitas air permukaan, bisa menggangu kehidupan akuatik danau.
c. Merusak tanaman terutama hutan sehingga luas hutan berkurang.
d. Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah, sehingga mempengaruhi kualitas air tanah.
e. Menimbulkan berbagai penyakit kulit bagi beberapa masyarakat yang menggunakan air hujan sebagai satu-satunya air mandi.






3












BAB III
PENUTUP
Berdasarkan pelajaran yang telah diberikan oleh Bapak / Ibu Guru, buku-buku dan artikel yang kami dapat baca dan interpretasi, kami dapat mengambil pelajaran sekaligus pengalaman baru mengenai masalah udara.
Dalam penulisan makalah mengenai “Polusi Udara, Dampak dan Langkah Penanganan” ini, kami mendapatkan beberapa hal, yaitu:
A. Kesimpulan
Dari penyusunan makalah ini kami menyimpulkan bahwa udara adalah komponen yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup, terutama manusia. Namun, seiring laju globalisasi semakin sulit mendapatkan udara sehat d ari alam bebas terutama di kota-kota besar.
B. Saran
Sebagai langkah mengurangi polusi udara, kita harus mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk hal yang tidak terlalu penting, penanaman pohon untuk penghijauan, penggunaan teknologi ramah lingkungan dan yang pasti kita harus menjaga lingkungan demi kelangsungan hidup sehat kita dan generasi penerus.






























6


Sejarah PMR

PMRmania.blogspot.com
SEJARAH PALANG MERAH INTERNASIONAL
Oleh:
LINTANG WISESA ATISSALAM
Ex : PMR Wira SMA Al-Islam 1 Surakarta Angkatan ‘08-’09
PMR PMI Cabang Kota Surakarta Angkatan IX
Surakarta, 2010
Pada 24 Juni 1859 terjadi pertempuran antara Prancis dan Austria yang berlangsung di
dataran rendah Italia bernama Solverino. Pertempuran tersebut melibatkan 320.000 prajurit, dan
36.000 di antaranya menderita luka-luka bahkan kehilangan nyawa.
Pada hari yang sama, seorang pemuda Swiss, Jean Henry Dunant, berada di Solverino
dalam rangka menjumpai Kaisar Prancis, Napoleon III. Saat perjalanan menuju kediaman Kaisar,
Henry Dunant dan rombongannya terhalang oleh pertempuran tersebut. Banyak prajurit terluka
bergelimpangan, tak ada satu pun aksi pertolongan. Tergerak oleh pemandangan perang yang
mengerikan, korban berjatuhan di mana-mana, maka dengan segera Henry Dunant beserta
penduduk setempat membentuk rumah sakit lapang sederhana, mengumpulkan kain tinen pembalut
luka, dan menyediakan obat-obatan. Ia pun membatalkan kunjungannya ke kediaman Kaisar, seusai
perang ia segera kembali ke Swiss.
Di Swiss, ia pun menuliskan pengalamannya dalam buku berjudul “Un Souvenir de
Solverino” ( Memory of Solverino / Kenangan Solverino ). Buku yang menggambarkan betapa
kejamnya peperangan dan pengalaman membantu korban tersebut menggemparkan Eropa. Secara
garis besar, buku tersebut mengandung dua gagasan penting, yakni:
1. Membentuk organisasi kemanusiaan Internasional yang disiapkan untuk menolong para prajurit,
penduduk sipil, korban di medan perang.
2. Mengadakan perjanjian Internasional untuk membentuk hukum melindungi prajurit yang terluka
serta relawan organisasi yang tengah memberikan pertolongan di medan perang.
lintangbagus@hotmail.com
PMRmania.blogspot.com
1
PMRmania.blogspot.com
Pada 1863 Henry Dunant beserta empat warga Genewa merealisasikan gagasan tersebut.
Mereka terkenal sebagai Komite Lima yang bertugas sebagai wadah relawan pemberi pertolongan
pada peperangan. Kelima anggota tersebut adalah:
1. Jean Henry Dunant
2. Jendral Guallaume Henry Dufour
3. Dr. Theodore Mounier
4. Dr. Gustave Moynier
5. Dr. Louis Appia
Komite tersebut meluas dan berkembang hingga saat ini terkenal sebagai ICRC ( International
Committee of the Red Cross ). Dan ditetapkan pula tanggal 8 Mei 1863 sebagai Hari Palang Merah
Internasional ( 8 Mei adalah tanggal lahir Henry Dunant ).
Beberapa Negara pun turut serta membentuk organisasi Palang Merah di bawah naungan
ICRC. Namun tidak hanya lambang Palang Merah yang dipakai. Kerajaan Ottoman ( Turki )
mengusullkan bagi Negara-negara Islam memakai tanda Bulan Sabit Merah. Sementara Negara-
negara lain yang enggan memakai lambing Bulan Sabit Merah atau Palang Merah diperbolehkan
memakai lambang Kristal Merah. Hal ini dikarenakan dahulu, banyak Negara yang memakai lambang
berbeda-beda, misal Persia ( Iran ) memakai Singa Merah. Jepang mamakai Matahari Merah. Namun
saat ini hanya 3 lambang yang disetujui Internasional, yakni Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan
Kristal Merah.
Untuk mengglobalkan organisasi pertolongan ini, Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan Kristal
Merah berada satu kesatuan di bawah naungan lembaga IFRC ( Internasional Federation of the Red
Cross ). IFRC diprakarsai oleh Henry Davidson ( warga USA ) pada Konferensi Kesehatan
Internasional Cannes, Prancis, 5 Mei 1919.
lintangbagus@hotmail.com
PMRmania.blogspot.com
2

contoh kepanitiaan


KEPANITIAAN 
 
Penesehat : Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Hidayah
Pembina : Herman Kusnadi, Basari
Ketua : Cahyadin
Skretaris : Abdul, Siti Apriliyani
Bendahara : Ojan, Roni

SEKSI-SEKSI

Acara : Budiman, Aid Samsudin
Kemanan : Iin, Opi
Peralatan : Rendi, Panpan
Konsumsi : Rosita, Ulfah, Andi
Publikasi dan Dokumentasi : Herdi, Agus Nurhikmah





AGENDA ACARA

NO
WAKTU
NAMA KEGIATAN
PENENGGUNG JAWAB
1
14.00-14.30
Cekin Peserta
Panitia
2
14.30-15.15
Perkenalan/Ta'aruf
Peserta
3
15.15-16.00
Sholat berjamaah Asyar
Panitia dan Peserta
4
16.00-18.00
Materi I, “Sikap Pemuda Islam dalam menghadapi Tahun Baru”
Panitia
5
18.00-18.30
Sholat Berjamaah Maghrib
Panitia dan Peserta
6
18.30-19.15
Tadarus Bersama
Panitia
7
19.15-19.30
Shalat Berjamaah Isya
Panitia dan Peserta
8
19.30-20.00
Istirahat dan Makan
Panitia dan Peserta
9
20.00-22.00
Materi 2 “ Hakikat Pemuda dan Perubahan Bangsa”

Panitia
10
22.00-03.00
Tidur
Panitia dan Peserta
11
03.00-04.00
Tahajud Bersama dan Muhasabah
Panitia dan Peserta
12
04.00-04.45
Sholat Subuh Berjamaah
Panitia dan Peserta
13
04.45-06.30
Kuliah Subuh
Panitia
14
06.30-07.00
Sholat Duha Bersama
Panitia dan Peserta
15
07.00-07.30
Olah Raga
Panitia dan Peserta
16
07.30-09.30
B A K S O S
Panitia dan Peserta
17
09.30-10.00
Penutupan
Panitia dan Peserta

IKATAN ALUMNI PESANTREN MIFTAHUL HIDAYAH
( I K A P A M H )
Kp. Cipelang Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut 44165
Nomor : 002/E/PONPES Cpl-Alumni/XII/2012
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Prihal : Undangan dan Pemberitahuan Acara

Kepada Yth.
Bapak Kepala Desa Cihikeu
di
Tempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Alloh SWT. Semoga kita semua berada dalam Lindungan-Nya. Amin..

Seperti telah kita maklumi bahwa sebentar lagi kita akan menjelang Tahun Baru 2013 Masehi, kita sering menyaksikan dengan datangnya tahun baru tersebut banyak orang yang meluapkan kegembiraannya dengan berbagai hal yang kadang-kadang dengan perbuatan yang jauh dari nilai-nilai islam,apalagi kalau kita saksikan tingkah para pemuda-pemudi kita dalam menghadapi tahun baru ini sungguh sangat memprihatinkan. Maka menanggapi hal tersebut, kami Pengurus Alumni PonPes Cipelang, mencoba untuk mengarahkan pemuda-pemudi dalam menjelang Tahun Baru ini kearah yang lebih baik tanpa menghilangkan makna Tahun Baru yang agung. InsyaAlloh Kami akan melaksanakan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Senin 31 Desember 2012 s.d Selasa 1 Januwari 2013
Waktu : 14.00 (Senin) s.d.10.00 (selasa)
Tempat : PonPes Miftahul Hidayah Cipelang
Acara : Terlampir

Oleh karena itu, maka kami atas nama Panitia memberitahukan kepada Bapak sekaligus mengundang agar hadir pada Pukul 19.30 s.d Selesai untuk Membuka Acara tersebut.

Demikian surat unrdangan ini kami buat atas partisifasinya kami ucapkan terima kasih.

Cihikeu, 27 Desember 2012
Ketua Panitia


Cahyadin
Sekretaris


Abdul Rahman
Mengetahui,
Pimpinan Pondok Pesantren



K.Wawan Sofwan
Ketua Alumni



Ruhyani





IKATAN ALUMNI PESANTREN MIFTAHUL HIDAYAH
( I K A P A M H )
Kp. Cipelang Desa Cihikeu Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut 44165
Nomor : 002/E/PONPES Cpl-Alumni/XII/2012
Lampiran : 1 (satu) Berkas
Prihal : Undangan dan Pemberitahuan Acara

Kepada Yth.

_______________
di
Tempat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Alloh SWT. Semoga kita semua berada dalam Lindungan-Nya. Amin..

Seperti telah kita maklumi bahwa sebentar lagi kita akan menjelang Tahun Baru 2013 Masehi, kita sering menyaksikan dengan datangnya tahun baru tersebut banyak orang yang meluapkan kegembiraannya dengan berbagai hal yang kadang-kadang dengan perbuatan yang jauh dari nilai-nilai islam,apalagi kalau kita saksikan tingkah para pemuda-pemudi kita dalam menghadapi tahun baru ini sungguh sangat memprihatinkan. Maka menanggapi hal tersebut, kami Pengurus Alumni PonPes Cipelang, mencoba untuk mengarahkan pemuda-pemudi dalam menjelang Tahun Baru ini kearah yang lebih baik tanpa menghilangkan makna Tahun Baru yang agung. InsyaAlloh Kami akan melaksanakan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal : Senin 31 Desember 2012 s.d Selasa 1 Januwari 2013
Waktu : 14.00 (Senin) s.d.10.00 (selasa)
Tempat : PonPes Miftahul Hidayah Cipelang
Acara : Terlampir

Oleh karena itu, maka kami atas nama Panitia Mengundang Ketua IRMAS dan para anggotanya/Pemuda yang ada disetiap DKM untuk menghadiri acara yang kami selenggarakan.

Demikian surat unrdangan ini kami buat atas partisifasinya kami ucapkan terima kasih.

Cihikeu, 27 Desember 2012
Ketua Panitia


Cahyadin
Sekretaris


Abdul Rahman
Mengetahui,
Pimpinan Pondok Pesantren



KA.Wawan Sofwan
Ketua Alumni



Ruhyani




PERSYARATAN YANG HARUS DIBAWA
  1. Membawa uang pendaftaran Rp. 5000,00
  2. Berpakaian Rapih dan Islami
  3. Membawa peralatan Shalat
  4. Membawa Pakaian Olah raga
  5. Membawa Peralatan Mandi
  6. Membawa peralatan tidur