Powered By Blogger

Senin, 06 Mei 2013

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IPS


L

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
APORAN PKP
- PGSD
PDGK 4501



PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional






Disusun oleh:

Nama : JALALUDIN
NIM : 818119918
Program Studi : PGSD-S1
Pokjar : Pasundan, Kab. Garut
Masa Registrasi : 2013.2

UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS TERBUKA
2013


LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN
HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN PKP
PKP - PGSD/PDGK 4051


Nama Mahasiswa
NIM
Program Studi
Tempat Mengajar
Jumlah Siklus Pembelajaran
Hari dan Tanggal Pelaksanan
:
:
:
:
:
:
JALALUDIN
818119918
PGSD-SI
SDN Wangunjaya I
2 Siklus
Siklus 1,Hari Kamis, tgl 28 September 2012
Siklus 2,Hari Kamis, tgl 04 Oktober 2012

Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan:

Penggunaan media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Kegiatan Ekonomi Penduduk


Garut, 23 Maret 2013
Menyetujui,
Supervisor I



ANI PINAYANI, DRS.MM.
NIP:196206 198803 1 001

Peneliti



JALALUDIN
NIM: 818119918









LEMBAR PERNYATAN BEBAS PLAGIAT



Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada program studi S1 PGSD Unversitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sangsi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.


Garut,23 Maret 2013
Yang membuat pernyatan


JALALUDIN
NIM: 818119918









KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran.

Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S.1- PGSD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka.

Dengan disusunnya laporan ini, tidak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi memberikan dorongan moril maupun materil. Maka dengan segala kerendahan hati penulis menyampaikan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat:

  1. Ani Pinayani, DRS.MM. selaku pembimbing (supervisor) yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis
  2. Kepala Sekolah Dasar Negeri Wangunjaya I, Dinas Pendidikan Kecamatan Bungbulang-Kabupaten Garut yang telah memberikan izin dalam pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
  3. Guru-guru SDN Wangunjaya I, yang setia dan terlibat langsung dalam mendukung proses praktek lapangan
  4. Teman editor yang telah membantu dalam penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini
  5. Istri dan anak-anak tercinta yang selalu memberikan dorongan moril maupun materil

Semoga dengan tersusunnya laporan ini akan menjadi sumber informasi sekaligus rujukan dalam mendekatkan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas pada umumnya, bahkan mungkin jika perlu untuk ditindaklanjuti oleh peneliti lain.
Kami menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya. Untuk dapat memperbaiki dan menyempurnakan laporan ini, kami minta saran dan keritik yang sifatnya membangun dari para ahli pendidikan guna meningkatkan keprofesionalan.

Akhir kata mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Garut, 02 Maret 2013

Penyusun



















DAFTAR ISI


LEMBAR PENGESAHAN
SURAT PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR TABEL vi
DAFTAR GAMBAR vii
DAFTAR LAMPIRAN viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
1. Identifikasi Masalah 1
2. Analisis Masalah 2
3. Alternatif dan prioritas pemecahan masalah 3
B. Rumusan Masalah 3
C. Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran 4
D. Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA 7
BAB III PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 12
  1. Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian 12
  2. Desain Prosedur Perbaikan pembelajaran 13
  3. Teknik analisis Data …………………………………………….. 18
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ……………………………………. 21
A. Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran ……………. 21
B. Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran …………. 29
BAB V SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT 32
1. Simpulan 32
2. Saran Tindak Lanjut 32
DAFTAR PUSTAKA 34

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1. Surat kesediaan supervisor 2 sebagai pembingbing
Lampiran 2. Surat pernyatan mahasiswa
Lampiran 3. Perencanaan PTK (Identifikasi masalah,analisis masalah, alternatif pemecahan masalah, rumusan masalah
Lampiran 4. Berkas RPP Prasiklus, RPP Perbaikan siklus 1, RPP Perbaikan siklus 2, RPP dan lembar observasi
Lampiran 5. Copy jurnal pembingbing
Lampiran 6. Hasil pekerjaan siswa yang terbaik dan terburuk per siklus
Lampiran 7. Copy berkas hasil penelitian praktik pembelajaran di kelas (APKG 1 PKP dan APKG 2 PKP) untuk satu mata pelajaran IPS




















DAFTAR TABEL

1. TABEL 3.1
JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
……………………………………………………………………………… 13

2. TABEL 4.1
NILAI HASIL PENELITIAN PEMBELAJARAN SISWA PRASIKLUS DAN SIKLUS I 22

3. TABEL 4.2
DAFTAR TUNTAS / TIDAK TUNTAS HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN SISWA PRASIKLUS DAN SIKLUS I 23

4. TABEL 4.3
NILAI HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN SISWA SIKLUS II 25

5. TABEL 4.4
DAFTAR TUNTAS / TIDAK TUNTAS HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN SISWA SIKLUS II 26

6. TABEL 4.5
PRESENTASE KENAIKAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA PRASIKLUS SIKLUS 1 DAN SIKLUS II 27

7. GRAFIK 4.6
PRESENTASE KENAIKAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA PRASIKLUS SIKLUS I DAN SIKLUS II ……………………………… 28





DAFTAR GAMBAR

  1. Grapik 4.1 Persentase kenaikan hasil pembeljaran siswa prasiklus
siklus 1 siklus II................................... 28





























DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Surat kesediaan supervisor 2 sebagai pembingbing
Lampiran 2. Surat pernyatan mahasiswa
Lampiran 3. Perencanaan PTK (Identifikasi masalah,analisis masalah, alternatif pemecahan masalah, rumusan masalah
Lampiran 4. Berkas RPP Prasiklus, RPP Perbaikan siklus 1, RPP Perbaikan siklus 2, dan lembar observasi
Lampiran 5. Copy jurnal pembingbing
Lampiran 6. Hasil pekerjaan siswa yang terbaik dan terburuk per siklus
Lampiran 7. Copy berkas hasil penelitian praktik pembelajaran di kelas (APKG 1 PKP dan APKG 2 PKP) untuk satu mata pelajaran IPS
























SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN SEBAGAI SUPERVISOR 2



Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan:


Nama : JALALUDIN
NIM : 818119918
UPBJJ-UT : Bandung

Menyatakan bahwa:

Nama : MUTI JOHARI, S.Pd.
Tempat Mengajar : SDN Wangunjaya I
Guru Kelas/Kepala Sekolah : SDN Wangunjaya I

Adalah supervisor 2 yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4501 Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).

Demikian pernyataan ini di buat untuk di gunakan sebagaimana mestinya.




Supervisor 2,




MUTI JOHARI, S.Pd.
NIP: 19620529 198305 1 001
No. Tlp/HP: 081323769587
Garut, 02 Maret 2013
Mahasiswa,



JALALUDIN
NIM: 818119918
No. Tlp/HP: 085223964180



KESEDIAAN SEBAGAI SUPERVISOR 2
DALAM PENYELENGGARAAN PKP

Kepada
Kepala UPBJJ : Universitas Terbuka
Di : Bandung

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:

Nama : MUTI JOHARI,S.Pd.
NIP : 19620529 198305 1 001
Tempat Mengajar : SDN Wangunjaya I
Alamat Sekolah : Kp. Cibeureum, Desa Wangunjaya, Kec.
Bungbulang, Kab. Garut
Telepon : -
Menyatakan bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan PKP atas:
Nama : JALALUDIN
NIM : 818119918
Program Studi : PGSD - S1
Tempat Mengajar : SDN Wangunjaya I
Alamat Sekolah : Kp. Cibeureum, Desa Wangunjaya, Kec.
Bungbulang, Kab. Garut
Telepon : -
Demikian agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui
Wangunjaya 1, 23 Maret 2013
Kepala Sekolah



MUTI JOHARI, S.Pd.
NIP: 19620529 198305 1 001
No. Tlp/HP: 081323769587
Supervisor 2



ENJANG HIDAYAT.SPd.MM
NIP : 196205291983051001


SURAT PERNYATAAN MAHASISWA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Mahasiswa : JALALUDIN
Nim : 818119918
Program Studi : PGSD - S1
Tempat Mengajar : SD Negeri Wangunjaya 1
Pokjar/kota : Pasundan, Kab. Garut
Alamat Rumah : Kp. Cipelang Rt 03, Rw 04, Desa. Cihikeu,
Kec. Bungbulang, Kab. Garut.

Dengan ini menyatakan bahwa Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang berjudul: “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM”.

Keseluruhan isinya adalah benar-benar karya saya. Saya tidak melakukan penjiplakan dan pengutipan dengan cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan.

Atas pernyataan ini, saya siap menanggung risiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila dikemudian diketemukan adanya pelanggaran terhadap etika dalam keilmuan dalam karya saya ini atau ada klaim dari pihak lain atas keaslian laporan ini.

Garut, 23September2013
Yang membuat pernyatan



JALALUDIN
NIM: 818119918



































FORMAT PERENCANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS )



Fakta/data pembelajara yang terjadi di kelas



Siswa kelas IV di SDN Wangunjaya I kurang memahami pada pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi penduduk

Identifikasi masalah




  1. Dari penguasaan dan pemahaman siswa kelas IV di SDN Wangunjaya I melalui hasil nilai evaluasi belum mencapai KKM
  2. Nilai KKM sebagai tolak ukur untuk keberhasilan proses pembelajaran

Analisis masalah





  1. Karakteristik siswa kelas IV di SDN Wangunjaya I yang kompleks
  2. Kurangnya interaktifnya siswa dalam proses pembelajran
  3. Kurangnya keprofesionalan seorang guru dalam pembelajaran IPS


Alternanif dan Prioritas pemecahan masalah




Guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas IV di SDN Wangunjaya I dengan pembelajaran menggunakan media gambar

Rumusan Masalah




Bagaimana cara-cara meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN Wangunjaya I pada pembelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi penduduk


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( PRASIKLUS )

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / 1I
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi Penduduk
Hari / Tanggal : Kamis, 13 September 2012
Jam Ke : 2 ( 08.40 - 09.15 )
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit


  1. Standar Kompetensi

Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkumgan kabupaten/kota provinsi

  1. Kompetensi Dasar

Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

  1. Indikator

Melalui pengamatan terhadap gambar siswa dapat menjelaskan 2 macam kegiatan ekonomi penduduk dengan benar

  1. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa

  1. Materi Pokok Pembelajaran




Kegiatan Ekonomi Penduduk

Kegiatatan ekonomi adalah kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya: orang yang berjualan di pasar, petani yang bekerja di sawah, guru yang mengajar di sekolah, dokter yang memeriksa pasien.
Perkembangan kegiatan ekonomi:
  1. Pada zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara barter
  2. Tahap berikutnya orang mulai beternak dan bertani,memlihara hewan dan mengolah tanah
  3. Ketika zaman makin maju orang mulai mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seprti jadi penjahit, pedagang, sopir, guru, dokter
Ada tiga jenis kebutuhan hidup yaitu:
  1. Kebutuhan pokok atau primer
  2. Kebutuhan tambahan atau sekunder
  3. Kebutuhan tersier
Gambar macam-macam kegiatan ekonomi




















  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal (± 5 menit)
  • Mengkondisikan siswa dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyiapkan alat-alat tulis.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa

  1. Kegiatan Inti ( ± 20 menit )
  • Guru memberikan pertanyaan terlebih dahulu
  • Guru menempelkan contoh gambar kegiatan ekonomi penduduk.
  • Guru menjelaskan materi pembelajaran
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
  • Siswa di suruh untuk berdiskusi, untuk soal diskusi dibacakan oleh guru
  • Guru bersama dengan siswa menyimpulkan hasil diskusi

  1. Kegiatan Akhir ( ± 10 menit )
  • Menyimpulkan materi pembelajaran
  • Melaksanakan evaluasi akhir
  • Guru menindaklanjuti pembelajaran dengan pesan moral: agar siswa rajin belajar











  1. Sarana, Sumber Belajar dan Media
  1. Kurikulum dan Silabus KTSP SD kelas IV.
  2. Buku paket IPS (bse ) SD/MI kelas IV.
  1. Karangan : Tantya Hisnu P, Winardi
  2. Halaman : 134135
  3. Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
  4. Media : Gambar pada karton kegiatan ekonomi penduduk






  1. Metode
  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi

  1. Evaluasi

  1. Prosedur tes : tes awal
  2. Jenis tes : tes tulisan
  3. Bentuk tes : isian
  4. Alat tes : butir soal











Butir-butir soal:

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2. Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bgai masyarakat nelayan adalah,………
4. Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5. Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….


Kunci jawaban:

1. Kegiatan ekonomi
2. Memenuhi kebutuhan hidup
3. Laut
4. Barter
5. Primer



Kriteria Penilaian: Jumlah jawaban benar X 20 = Nilai Akhir

Mengetahui
Kepala SDN Wangunjaya 1,





MUTI JOHARI, S.Pd.
NIP:19620529 198305 1 001

Wangunjaya I, 13 September 2012
Mahasiswa,





JALALUDIN
NIM : 818119918
Supervisor II





ENJANG HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP:19600412 198201 1 003



LEMBAR PENGAMATAN SISWA

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 13 September 2012

No
Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Rata-rata
Ket.
1
2
3
4
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10
















11


















Keterangan:
1. Keberanian mengeluarkan pendapat
2. Keaktifan
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Kerjasama dalam kelompok


LEMBAR EVALUASI SISWA

Nama : ………………

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 13 September 2012

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2. Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan adalah,………
4. Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5. Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….

Jawaban:
1. …………………………………………………………………………………
2. …………………………………………………………………………………
3. …………………………………………………………………………………
4. …………………………………………………………………………………
5. …………………………………………………………………………………










RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi Penduduk
Hari / Tanggal : Kamis, 28 September 2012
Jam Ke : 2 ( 08.40 - 09.15 )
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit


  1. Standar Kompetensi

Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota provinsi

  1. Kompetensi Dasar

Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

  1. Indikator

  • Melalui pengamatan terhadap gambar siswa dapat menjelaskan 2 macam kegiatan ekonomi penduduk denga benar
  • Melalui tanya jawab tentang kegiatan ekonomi penduduk siswa dapat menjelaskan perkembangan kegiatan ekonomi dengan benar

  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa dengan benar

  1. Tujuan Perbaikan pembelajaran

Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa dengan menggunakan media gambar



  1. Materi Pokok Pembelajaran

Kegiatan ekonomi Penduduk

Kegiatatan ekonomi adalah kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya: orang yang berjualan di pasar, petani yang bekerja di sawah, guru yangmengajar di sekolah, dokter yang memeriksa pasien.
Perkembangan kegiatan ekonomi:
  1. Pada zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara barter
  2. Tahap berikutnya orang mulai beternak dan bertani,memlihara hewan dan mengolah tanah
  3. Ketika zaman makin maju orang mulai mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seprti jadi penjahit, pedagang, sopir, guru, dokter
Ada tiga jenis kebutuhan hidup yaitu:
  1. Kebutuhan pokok atau primer
  2. Kebutuhan tambahan atau sekunder
  3. Kebutuhan tersier
Gambar macam-macam kegiatan ekonomi











  1. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal ( ± 5 menit )
  • Mengkondisikan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyiapkan alat tulis.
  • Mengapersepsi siswa melalui pertanyaan:
  • Kegiatan apa saja yang kalian ketahui yang di lakukan oleh masyarakat di sekitar kalian?
  • Pekerjaan apa saja yang di lakukan masyarakat di sekitar kalian?
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu melalui proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa dengan benar

2. Kegiatan Inti ( ± 25 menit )

1. Eksplorasi
  • Guru mengeksplorasi siswa melalui:
  • Pertanyaan pancingan, gambar apa ini ? ( guru menunjuk ke media peraga tentang gambar kegiatan ekonomi penduduk )
  • Tanggapan atas pernyataan siswa yang lain

2. Elaborasi
  • Guru menempelkan media peraga di papan tulis berupa contoh gambar kegiatan ekonomi penduduk.
  • Ketika guru menjelaskan materi pembelajaran tentang kegiatan ekonomi penduduk melalui media peraga sementara siswa memperhatikannya
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum di pahaminya
  • Siswa dengan arahan guru membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan LKS, sementara guru melakukan penilaian proses

  1. Konfirmasi
  • Melalui kelompoknya siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya
  • Guru bersama dengan siswa menyimpulkan hasil diskusi

4.Kegiatan Akhir ( ± 10 menit )
  • Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi
  • Melaksanakan evaluasi akhir
  • Guru menindaklanjuti pembelajaran dengan pesan moral: agar siswa rajin belajar

  1. Sarana, Sumber Belajar dan Media

  1. Kurikulum dan silabus KTSP SD kelas IV.
  2. Buku paket IPS (bse ) SD/MI kelas IV.
  1. Karangan : Tantya Hisnu P, Winardi
  2. Halaman : 134135
  3. Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasonal
  4. Media : Gambar kegiatan ekonomi penduduk

  1. Metode

A. Ceramah bervariasi.
B. Tanya jawab.
C. Diskusi.
D. Penugasan.

  1. Evaluasi

A. Prosedur tes : tes awal melalui apersepsi
tes proses melalui pengamatan
tes akhir melalui butir soal

B. Jenis tes : tes tulisan
C. Bentuk tes : uraian
  1. Alat tes : butir soal dan LKS

Butir-butir soal:

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2. Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan adalah,………
4. Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5. Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….



Kunci jawaban:

1. Kegiatan ekonomi
2. Memenuhi kebutuhan hidup
3. Laut
4. Barter
5. Primer


Kriteria Penilaian:



Jumlah jawaban benar X 20 = Nilai Akhir






Mengetahui
Kepala SDN Wangunjaya I,





MUTI JOHARI,S.Pd
NIP.19620529 198305 1 001

Wangunjaya I, 28 September 2012
Mahasiswa,





JALALUDIN
NIM : 818119918
Suvervisor 2





ENJANG HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP.19600412 198201 1 003



















LEMBAR EVALUASI SISWA

Nama : ……………

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 28 September 2012

Petunjuk

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2. Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bgai masyarakat nelayan adalah,………
4. Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5. Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….

Jawaban:

1. …………………………………………………………………………………
2. …………………………………………………………………………………
3. …………………………………………………………………………………
4. …………………………………………………………………………………
5. …………………………………………………………………………………








LEMBAR PENGAMATAN SISWA

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 28 September 2012

No
Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Rata-rata
Ket.
1
2
3
4
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10
















11


















Keterangan:
1. Keberanian mengeluarkan pendapat
2. Keaktifan
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Kerjasama dalam kelompok






LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 28 September 2012

Petunjuk

Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar!

No
Jenis Kegiatan Ekonomi
Tempat terjadinya kegiatan
1
Mengajar anak-anak di Sekolah dasar

2
Nelayan menangkap ikan

3
Memperbaki mobil yang rusak

4
Pedagang membeli hasil bumi dari para petani



Nama Kelompok :
…………………………………..
Anggota :
1.
………………………………

2.
………………………………

3.
………………………………

4.
………………………………

5.
………………………………








RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi Penduduk
Hari / Tanggal : Kamis, 04 Oktober 2012
Jam Ke : 2.( 08.40-09.15 )
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit


  1. Standar Kompetensi

Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota provinsi

  1. Kompetensi Dasar

Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

  1. Indikator

  • Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
  • Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerahnya

  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat menjelaskan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya

  1. Tujuan perbaikan Pembelajaran
Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan sumber daya alam di lingkungan sekitar siswa melalui diskusi dengan menggunakan media gambar


  1. Materi Pokok Pembelajaran

Kegiatan Ekonomi Penduduk dan Pemamfaatan Sumber daya alam

Ada tiga macam kegiatan ekonomi yaitu kegiatan, produksi, distribusi dan konsumsi. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa contohnya, pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu petani bercocok tanam untuk menghasilkan padi, dan ada juga pekerjaan yang menawarkan jasa yaitu dokter yang menyembuhkan orang yang sakit, guru mengajar dan mendidik para siswa. Distribusi adalah menyalurkan barang produksi dari produsen ke konsumen. Contohnya penjual sepatu, penjual beras dll. Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang produksi. Pemanfaatan sumber daya alam di bagi dua yaitu:
  1. Sumber daya alam biotik adalah sumber daya alam mahluk hidup. Contohnya hewan dan tumbuhan dll.
  2. Sumber daya alam abiotik sumber daya alam bukan mahluk hidup contohnya sungai, air, udara dll.

  1. Langkah-Langkah Pembelajatran

1. Kegiatan Awal (± 5 menit)
  • Mengkondisikan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyiapkan alat tulis.
  • Mengapersepsi siswa melalui pertanyaan dengan memberikan pertanyaan
  1. Kegiatan apa saja yang kalian ketahui tetang kegiatan pemamanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar kalian?
  2. Pekerjaan apa saja yang di lakukan masyarakat di sekitar kalian tetang kegiatan pemamanfaatan sumber daya alam?
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu melalui proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar siswa dengan benar

2. Kegiatan Inti (± 20 menit)

  1. Eksplorasi
Guru mengeksplorasi siswa melalui:
  • Pertanyaan pancingan, gambar apa ini ? (guru menunjuk ke alat peraga media gambar tentang pemanfaatan sumber daya alam)
  • Tanggapan atas pernyataan siswa lain

  1. Elaborasi
  • Guru menempelkan media peraga berupa contoh gambar tentang pemanfaatan sumber daya alam
  • Ketika guru menjelaskan materi pembelajaran tentang pemanfaatan sumber daya alam melalui media peraga sementara siswa memperhatikannya.
  • Siswa di beri kesempatan untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang belum di pahaminya.
  • Siswa dengan arahan guru membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi.
  • Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan LKS.
  • Ketika para siswa bekerja kelompok, guru melaksanakan pengamatan proses.
  1. Konfirmasi
  1. Melalui kelompoknya siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya.
  2. Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil diskusinya

3. Kegiatan Akhir 10 menit)
  • Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang baru di pelajarinya.
  • Melaksanakan evaluasi akhir.
  • Guru menindaklanjuti pembelajaran dengan pesan moral: agar siswa lebih rajin dalam belajarnya.




  1. Sarana dan Sumber Belajar

  1. Kurikulum dan silabus KTSP SD kelas IV.
  2. Buku paket IPS (bse ) SD/MI kelas IV.
  3. Karangan : Tantya Hisnu P, Winardi
  4. Halaman : 138141
  5. Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
  6. Media : Gambar pada karton tentang kegiatan ekonomi penduduk

  1. Metode
  1. Ceramah bervariasi.
  2. Tanya jawab.
  3. Diskusi.
  4. Penugasan.

  1. Evaluasi

  1. Prosedur tes: tes awal melalui apersepsi
tes proses melalui pengamatan
tes akhir melalui butir soal
2. Jenis tes : tes tulisan
3. Bentuk tes : uraian
4. Alat tes : butir soal dan LKS



















Butir-butir soal:

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Sebutkan 3 macam kegiatan ekonomi ………………………………………
2. Kegiatann menyalurkan barang produksi dari pengguna di sebut …………
3. Apa yang di maksud dengan produksi ………………………………………
4. Di bagi berapakah pemanfaatan sumber daya alam? sebutkan …………….
5. Tanah, air, sungai, udara termasuk contoh sumber daya alam …………….


Kunci jawaban

1. Produksi, distribusi dan konsumsi
2. Distribusi
3. Kegiatan menghasilkan barang dan jasa
4. Di bagi 2, yaitu SDA mahluk hidup dan SDA bukan mahluk hidup
5. SDA bukan mahluk hidup (abiotik)


Kriteria Penilaian:




Jumlah jawaban benar X 20= Nilai Akhir








Mengetahui

Wangunjaya I, 04 Oktober 2012

Kepala SDN Wangunjaya I,





MUTI JOHARI, S.Pd.
NIP : 19620529 198305 1 001




Penguji, I





ENJANG HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP: 19600412 198201 1 003


Mahasiswa,





JALALUDIN
NIM : 8118119918




Penguji, II





YOYO NURBAYAN, S.Pd.
NIP: 19670102 199103 1 008























LEMBAR EVALUASI SISWA

Nama:……………………

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / 1I
Hari / Tanggal : Kamis, 04 Oktober 2012

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Sebutkan 3 macam kegiatan ekonomi ………………………………………
2. Kegiatann menyalurkan barang produksi dari pengguna di sebut …………
3. Apa yang di maksud dengan produksi ………………………………………
4. Di bagi berapakah pemanfaatan sumber daya alam? sebutkan …………….
5. Tanah, air, sungai, udara termasuk contoh sumber daya alam …………….

Jawaban:
1. ……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................





LEMBAR PENGAMATAN SISWA


Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 04 Oktober 2012


No
Nama Kelompok
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Rata-rata
Ket.
1
2
3
4
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10
















11



















Keterangan:
1. Keberanian mengeluarkan pendapat
2. Keaktifan
3. Menghargai pendapat orang lain
4. Kerjasama dalam kelompok











LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : IV / II
Hari / Tanggal : Kamis, 04 Oktober 2012

Petunjuk!

Lengkapilah tabel di bawah ini dengan benar!

No
Kegiatan ekonomi
Produksi
Distribusi
Konsumsi
1
Menjahit baju



2
Membeli buku tulis



3
Menjual sayur-sayuran



4
Memakai sepatu baru



5
Merawat orang sakit





Nama Kelompok :
…………………………………..
Anggota :
1.
………………………………

2.
………………………………

3.
………………………………

4.
………………………………

5.
………………………………









JURNAL BIMBINGAN SEPERVISOR 2 PKP
NIM / MAHASISWA : 818119918 / JALALUDIN
MENGAJAR DI KELAS : IV (EMPAT )
SEKOLAH : SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK : 30 ( Tiga puluh )


1
Hari/Tanggal
Kegiatan
Hasil/Komentar
Tindak lanjut
Paraf




Mhs
Sup 2




Kamis, 13 September 2012
- Revisi RPP
IPS
- Mandiri 1





  1. Tematika RPP perlu di perbaiki
  2. Penyusunan tujuan pembelajaran perlu di perbaiki
  3. Bahasa dan tulisan agar di perbaiki

1. Buat RPP yang sesuai untuk siklus 1










Supervisor I,








ANI PINAYANI, DRS.MM.
NIP: 196206 198803 1 001
No. HP:

Bungbulang, 13 September 2012
Supervisor 2,



ENJANG HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP: 19600412198201 1 003
No. HP: 085323121678

JURNAL BIMBINGAN SEPERVISOR 2 PKP
NIM / MAHASISWA : 818119918 / JALALUDIN
MENGAJAR DI KELAS : IV (EMPAT )
SEKOLAH : SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK : 30 ( Tiga puluh )
2

Hari/Tanggal
Kegiatan
Hasil/Komentar
Tindak lanjut
Paraf
Mhs
Sup 2
Kamis, 20 September 2012



  1. Mandidri 2
  2. Menyusun RPP perbaikan siklus 1


  1. Sistematika RPP sudah baik
  2. Bahasa dan tulisan baik
  3. Kerapihan baik
  4. ujuan pembelajaran cukup jelas
  5. Evaluasi cukup baik


  1. Persiapan untuk praktik














Supervisor I,








ANI PINAYANI, DRS.MM.
NIP: 196206 198803 1 001
No. HP:

Bungbulang, 20 September 2012
Supervisor 2,




ENJANG HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP: 19600412198201 1 003
No. HP: 085323121678


JURNAL BIMBINGAN SEPERVISOR 2 PKP

NIM / MAHASISWA : 818119918 / JALALUDIN
MENGAJAR DI KELAS : IV (EMPAT )
SEKOLAH : SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK : 30 ( Tiga puluh )



3
Hari/Tanggal
Kegiatan
Hasil/Komentar
Tindak lanjut
Paraf


Mhs
Sup 2


Jumat,28 September 2012
  1. Mandiri 3
  2. Praktik mengajar siklus 2
  1. Pengorganisasian kelas masih kurang
  2. Belum optimal memotivasi siswa
  3. Penggunaan alat peraga tidak melibatkan siswa
  4. Kuramg menguasai materi pembelajaran
  5. Metode pembelajaran kurang pariatif
  6. Penggunaan waktu belum sesuai
  1. Agar di persiapkan untuk praktik perbaikan pembelajaran siklus 2





Supervisor I,





ANI PINAYANI, DRS.MM
NIP: 196206 198803 1 001
No. HP:

Bungbulang, 28 September 2012
Supervisor 2,




ENJANG HIDAYAT,S.Pd.MM
NIP: 19600412198201 1 003
No. HP: 085323121678


JURNAL BIMBINGAN SEPERVISOR 2 PKP

NIM / MAHASISWA : 818119918 / JALALUDIN
MENGAJAR DI KELAS : IV (EMPAT )
SEKOLAH : SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK : 30 ( Tiga puluh )



4
Hari/Tanggal
Kegiatan
Hasil/Komentar
Tindak lanjut
Paraf


Mhs
Sup 2


Kamis, 04
Oktober 2012
  1. Mandiri 4
  2. Praktik mengajar siklus 2
  1. Penguasaan kelas baik
  2. Penguasaan materi pembelajaran baik
  3. Penggunaan media pembelajaran baik
  4. Bahasa lisan baik
  5. Penampilan baik
  6. Hasil perbaikan pembelajaran baik
  1. Persiapan penyusunan PKP





Supervisor I,






ANI PINAYANI, DRS.MM.
NIP: 196206 198803 1 001
No. HP:










Bungbulang, 04 Oktober 2012
Supervisor 2,





ENJANG HIDAYAT,S.Pd.MM.
NIP: 19600412198201 1 003
No. HP: 085323121678


HASIL PEKERJAAN SISWA TERBAIK DAN TERBURUK PER SIKLUS
Alat Penilaian Siswa Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( Prasiklus )

Nama Sekolah : SDN Wangunjaya I
Kelas/Semester : IV/ II
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi Penduduk
Hari/tanggal : Kamis, 13 September 2012
Jam Ke : 2 (08.40-09.15)


Nama Siswa
Nilai
Paraf


Siswa
Guru



Butir-butir soal:

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
untuk ……………………………………………………………………………
2. Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan adalah,………
4. Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5. Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Jawaban:
1. ……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................

Alat Penilaian Siswa Pada Rencana Perbaikan Pembelajaran
( Siklus I )

Nama Sekolah : SDN Wangunjaya I
Kelas/Semester : IV/II
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi Penduduk
Hari/tanggal : Kamis,28 September 2012
Jam Ke : 2 (08.40-09.15)


Nama Siswa
Nilai
Paraf


Siswa
Guru



Butir-butir soal:

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
untuk ……………………………………………………………………………
2. Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3. Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan adalah,………
4. Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5. Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….

Jawaban:
1. ……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................


Alat Penilaian Siswa Pada Rencana Perbaikan Pembelajaran
( Siklus II )

Nama Sekolah : SDN Wangunjaya I
Kelas/Semester : IV/II
Pokok Bahasan : Kegiatan Ekonomi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Hari/tanggal : Kamis, 04 Oktober 2012
Jam Ke : 2 (08.40-09.15)


Nama Siswa
Nilai
Paraf


Siswa
Guru





Butir-butir soal:

Isilah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !

1. Sebutkan 3 macam kegiatan ekonomi ………………………………………
2. Kegiatann menyalurkan barang produksi dari pengguna di sebut …………
3. Apa yang di maksud dengan produksi ………………………………………
4. Di bagi berapakah pemanfaatan sumber daya alam? sebutkan …………….
5. Tanah, air, sungai, udara termasuk contoh sumber daya alam …………….

Jawaban:

1. ……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar