L
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
APORAN PKP
-
PGSD
PDGK
4501
PENGGUNAAN
MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN
PEMAHAMAN
SISWA
TENTANG
KEGIATAN
EKONOMI PENDUDUK
DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah
Pemantapan
Kemampuan Profesional
Disusun
oleh:
Nama :
JALALUDIN
NIM : 818119918
Program Studi :
PGSD-S1
Pokjar :
Pasundan,
Kab. Garut
Masa Registrasi
: 2013.2
UNIT PROGRAM
BELAJAR JARAK JAUH
UNIVERSITAS
TERBUKA
2013
LEMBAR
PENGESAHAN LAPORAN
HASIL
PERBAIKAN PEMBELAJARAN PKP
PKP
-
PGSD/PDGK 4051
Nama
Mahasiswa
NIM
Program
Studi
Tempat
Mengajar
Jumlah
Siklus Pembelajaran
Hari dan
Tanggal Pelaksanan |
:
:
:
:
:
:
|
JALALUDIN
818119918
PGSD-SI
SDN
Wangunjaya I
2
Siklus
Siklus
1,Hari
Kamis,
tgl 28
September
2012
Siklus
2,Hari Kamis,
tgl 04
Oktober
2012
|
Masalah
yang Merupakan Fokus Perbaikan:
Penggunaan
media gambar untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Kegiatan
Ekonomi Penduduk
|
Garut,
23
Maret 2013
|
Menyetujui,
Supervisor
I
ANI
PINAYANI, DRS.MM.
NIP:196206
198803 1 001
|
Peneliti
JALALUDIN
NIM:
818119918
|
LEMBAR
PERNYATAN BEBAS PLAGIAT
Saya
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktik Pemantapan
Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk
memenuhi mata kuliah PKP pada program studi S1 PGSD Unversitas
Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.
Adapun
bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip
dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara
jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila
dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan
hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian
tertentu, saya bersedia menerima sangsi, termasuk pencabutan gelar
akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang
berlaku.
Garut,23
Maret 2013
Yang
membuat pernyatan
JALALUDIN
NIM:
818119918
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. atas segala Rahmat dan
Hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan laporan perbaikan
pembelajaran.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi tugas akhir dari mata kuliah Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK 4501) pada Program Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (S.1- PGSD) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(FKIP) Universitas Terbuka.
Dengan
disusunnya laporan ini, tidak lupa kami mengucapkan banyak terima
kasih kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi memberikan
dorongan moril maupun materil. Maka dengan segala kerendahan hati
penulis menyampaikan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada
yang terhormat:
- Ani Pinayani, DRS.MM. selaku pembimbing (supervisor) yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis
- Kepala Sekolah Dasar Negeri Wangunjaya I, Dinas Pendidikan Kecamatan Bungbulang-Kabupaten Garut yang telah memberikan izin dalam pelaksanaan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
- Guru-guru SDN Wangunjaya I, yang setia dan terlibat langsung dalam mendukung proses praktek lapangan
- Teman editor yang telah membantu dalam penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini
- Istri dan anak-anak tercinta yang selalu memberikan dorongan moril maupun materil
Semoga
dengan tersusunnya laporan ini akan menjadi sumber informasi
sekaligus rujukan dalam mendekatkan ilmu pengetahuan kepada
masyarakat luas pada umumnya, bahkan mungkin jika perlu untuk
ditindaklanjuti oleh peneliti lain.
Kami
menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangannya. Untuk dapat
memperbaiki dan menyempurnakan laporan ini, kami minta saran dan
keritik yang sifatnya membangun dari para ahli pendidikan guna
meningkatkan keprofesionalan.
Akhir
kata mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Amin.
Garut,
02
Maret 2013
Penyusun
DAFTAR
ISI
LEMBAR
PENGESAHAN
SURAT
PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT i
KATA
PENGANTAR ii
DAFTAR
ISI iv
DAFTAR
TABEL
vi
DAFTAR
GAMBAR
vii
DAFTAR
LAMPIRAN
viii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah 1
1. Identifikasi
Masalah 1
2. Analisis
Masalah 2
3. Alternatif dan
prioritas pemecahan masalah 3
B.
Rumusan
Masalah
3
C.
Tujuan
Penelitian Perbaikan Pembelajaran
4
D.
Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran 5
BAB
II KAJIAN PUSTAKA 7
BAB III PELAKSANAAN
PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 12
- Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian 12
- Desain Prosedur Perbaikan pembelajaran 13
- Teknik analisis Data …………………………………………….. 18
BAB
IV HASIL DAN PEMBAHASAN …………………………………….
21
A.
Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
……………. 21
B. Pembahasan
Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran …………. 29
BAB
V SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
32
1.
Simpulan 32
2.
Saran Tindak Lanjut 32
DAFTAR
PUSTAKA 34
Lampiran 1. Surat
kesediaan supervisor 2 sebagai pembingbing
Lampiran 2. Surat
pernyatan mahasiswa
Lampiran
3. Perencanaan PTK (Identifikasi masalah,analisis masalah, alternatif
pemecahan masalah, rumusan masalah
Lampiran 4. Berkas
RPP Prasiklus, RPP Perbaikan siklus 1, RPP Perbaikan siklus
2, RPP
dan
lembar
observasi
Lampiran 5. Copy
jurnal pembingbing
Lampiran 6. Hasil
pekerjaan siswa yang terbaik dan terburuk per siklus
Lampiran 7. Copy
berkas hasil penelitian praktik pembelajaran di kelas
(APKG 1 PKP
dan APKG 2 PKP) untuk satu mata pelajaran
IPS
DAFTAR
TABEL
1.
TABEL 3.1
JADWAL
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
………………………………………………………………………………
13
2.
TABEL
4.1
NILAI
HASIL PENELITIAN PEMBELAJARAN SISWA
PRASIKLUS
DAN SIKLUS I
22
3.
TABEL
4.2
DAFTAR
TUNTAS / TIDAK TUNTAS HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN SISWA
PRASIKLUS
DAN SIKLUS I 23
4.
TABEL
4.3
NILAI
HASIL PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN SISWA
SIKLUS
II
25
5.
TABEL
4.4
DAFTAR
TUNTAS / TIDAK TUNTAS HASIL PENELITIAN
PERBAIKAN
PEMBELAJARAN SISWA
SIKLUS
II 26
6.
TABEL
4.5
PRESENTASE
KENAIKAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA
PRASIKLUS SIKLUS 1 DAN SIKLUS II 27
7.
GRAFIK
4.6
PRESENTASE
KENAIKAN HASIL PEMBELAJARAN SISWA PRASIKLUS
SIKLUS I DAN SIKLUS II ……………………………… 28
DAFTAR
GAMBAR
- Grapik 4.1 Persentase kenaikan hasil pembeljaran siswa prasiklus
siklus
1 siklus II................................... 28
DAFTAR
LAMPIRAN
Lampiran 1. Surat
kesediaan supervisor 2 sebagai pembingbing
Lampiran 2. Surat
pernyatan mahasiswa
Lampiran
3. Perencanaan PTK (Identifikasi masalah,analisis masalah, alternatif
pemecahan masalah, rumusan masalah
Lampiran 4. Berkas
RPP Prasiklus, RPP Perbaikan siklus 1, RPP Perbaikan siklus
2, dan
lembar observasi
Lampiran 5. Copy
jurnal pembingbing
Lampiran 6. Hasil
pekerjaan siswa yang terbaik dan terburuk per siklus
Lampiran 7. Copy
berkas hasil penelitian praktik pembelajaran di kelas
(APKG 1 PKP
dan APKG 2 PKP) untuk satu mata pelajaran IPS
SURAT
PERNYATAAN
KESEDIAAN
SEBAGAI SUPERVISOR 2
Yang
bertanda tangan di bawah ini, menerangkan:
Nama :
JALALUDIN
NIM :
818119918
UPBJJ-UT :
Bandung
Menyatakan
bahwa:
Nama :
MUTI
JOHARI, S.Pd.
Tempat
Mengajar : SDN Wangunjaya I
Guru
Kelas/Kepala Sekolah : SDN Wangunjaya I
Adalah
supervisor 2 yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan
pembelajaran yang merupakan tugas mata kuliah PDGK 4501 Pemantapan
Kemampuan Profesional (PKP).
Demikian
pernyataan ini di buat untuk di gunakan sebagaimana mestinya.
Supervisor
2,
MUTI
JOHARI, S.Pd.
NIP:
19620529 198305 1 001
No. Tlp/HP:
081323769587 |
Garut,
02
Maret 2013
Mahasiswa,
JALALUDIN
NIM:
818119918
No. Tlp/HP:
085223964180 |
KESEDIAAN
SEBAGAI SUPERVISOR 2
DALAM
PENYELENGGARAAN PKP
Kepada
Kepala
UPBJJ : Universitas Terbuka
Di
: Bandung
Yang
bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:
Nama :
MUTI
JOHARI,S.Pd.
NIP :
19620529 198305 1 001
Tempat
Mengajar : SDN Wangunjaya I
Alamat
Sekolah : Kp. Cibeureum, Desa Wangunjaya, Kec.
Bungbulang,
Kab. Garut
Telepon :
-
Menyatakan
bersedia sebagai supervisor 2 untuk membimbing dalam pelaksanaan PKP
atas:
Nama :
JALALUDIN
NIM :
818119918
Program
Studi : PGSD
-
S1
Tempat
Mengajar : SDN Wangunjaya I
Alamat
Sekolah : Kp. Cibeureum, Desa Wangunjaya, Kec.
Bungbulang,
Kab. Garut
Telepon :
-
Demikian
agar surat pernyataan ini dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Mengetahui
|
Wangunjaya
1, 23
Maret 2013
|
Kepala
Sekolah
MUTI
JOHARI, S.Pd.
NIP:
19620529 198305 1 001
No.
Tlp/HP: 081323769587
|
Supervisor
2
ENJANG
HIDAYAT.SPd.MM
NIP
: 196205291983051001
|
SURAT
PERNYATAAN MAHASISWA
Saya
yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama
Mahasiswa : JALALUDIN
Nim :
818119918
Program
Studi : PGSD
-
S1
Tempat
Mengajar : SD Negeri Wangunjaya 1
Pokjar/kota :
Pasundan,
Kab. Garut
Alamat
Rumah : Kp. Cipelang
Rt 03,
Rw 04,
Desa.
Cihikeu,
Kec.
Bungbulang, Kab. Garut.
Dengan
ini menyatakan bahwa Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
yang berjudul: “PENGGUNAAN
MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KEGIATAN
EKONOMI PENDUDUK DAN PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM”.
Keseluruhan
isinya adalah benar-benar karya saya. Saya tidak melakukan
penjiplakan dan pengutipan dengan cara yang tidak sesuai dengan etika
keilmuan.
Atas
pernyataan ini, saya siap menanggung risiko/sanksi yang dijatuhkan
kepada saya apabila dikemudian diketemukan adanya pelanggaran
terhadap etika dalam keilmuan dalam karya saya ini atau ada klaim
dari pihak lain atas keaslian laporan ini.
Garut,
23September2013
Yang
membuat pernyatan
JALALUDIN
NIM:
818119918
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FORMAT
PERENCANAAN PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL
( IPS
)
Fakta/data
pembelajara yang terjadi di kelas
|
Siswa
kelas IV di SDN Wangunjaya I kurang memahami pada pembelajaran IPS
tentang kegiatan
ekonomi penduduk
|
Identifikasi
masalah
|
|
Analisis
masalah
|
|
Alternanif
dan Prioritas pemecahan masalah
|
Guru
melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas IV di SDN
Wangunjaya I dengan pembelajaran
menggunakan media gambar
|
Rumusan
Masalah
|
Bagaimana
cara-cara meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SDN Wangunjaya
I pada pembelajaran IPS
tentang kegiatan
ekonomi penduduk
|
RENCANA
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
PRASIKLUS )
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IV / 1I
Pokok Bahasan :
Kegiatan
Ekonomi Penduduk
Hari / Tanggal :
Kamis,
13
September
2012
Jam Ke : 2 ( 08.40 -
09.15 )
Alokasi Waktu : 1 X
35 menit
- Standar Kompetensi
Mengenal
sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi
di lingkumgan kabupaten/kota provinsi
- Kompetensi Dasar
Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya.
- Indikator
Melalui pengamatan
terhadap gambar siswa dapat menjelaskan 2 macam kegiatan ekonomi
penduduk dengan benar
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat
menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan
sekitar siswa
- Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Ekonomi
Penduduk
Kegiatatan
ekonomi adalah kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi
kebutuhannya. Contohnya: orang yang berjualan di pasar, petani yang
bekerja di sawah, guru yang mengajar di sekolah, dokter yang
memeriksa pasien.
Perkembangan
kegiatan ekonomi:
- Pada zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara barter
- Tahap berikutnya orang mulai beternak dan bertani,memlihara hewan dan mengolah tanah
- Ketika zaman makin maju orang mulai mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seprti jadi penjahit, pedagang, sopir, guru, dokter
Ada
tiga jenis kebutuhan hidup yaitu:
- Kebutuhan pokok atau primer
- Kebutuhan tambahan atau sekunder
- Kebutuhan tersier
Gambar macam-macam
kegiatan ekonomi
- Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal (± 5 menit)
- Mengkondisikan siswa dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyiapkan alat-alat tulis.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa
- Kegiatan Inti ( ± 20 menit )
- Guru memberikan pertanyaan terlebih dahulu
- Guru menempelkan contoh gambar kegiatan ekonomi penduduk.
- Guru menjelaskan materi pembelajaran
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
- Siswa di suruh untuk berdiskusi, untuk soal diskusi dibacakan oleh guru
- Guru bersama dengan siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Kegiatan Akhir ( ± 10 menit )
- Menyimpulkan materi pembelajaran
- Melaksanakan evaluasi akhir
- Guru menindaklanjuti pembelajaran dengan pesan moral: agar siswa rajin belajar
- Sarana, Sumber Belajar dan Media
- Kurikulum dan Silabus KTSP SD kelas IV.
- Buku paket IPS (bse ) SD/MI kelas IV.
- Karangan : Tantya Hisnu P, Winardi
- Halaman : 134 – 135
- Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
- Media : Gambar pada karton kegiatan ekonomi penduduk
- Metode
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Evaluasi
- Prosedur tes : tes awal
- Jenis tes : tes tulisan
- Bentuk tes : isian
- Alat tes : butir soal
Butir-butir
soal:
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,
adalah
………………………………………………………………………………….
2.
Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3.
Tempat
terjadinya kegiatan ekonomi bgai masyarakat nelayan adalah,………
4.
Pertukaran
barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5.
Kebutuhan
pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Kunci
jawaban:
1.
Kegiatan ekonomi
2.
Memenuhi kebutuhan hidup
3.
Laut
4.
Barter
5.
Primer
Kriteria Penilaian:
Jumlah
jawaban benar X 20 = Nilai Akhir
Mengetahui
Kepala
SDN
Wangunjaya
1,
MUTI
JOHARI,
S.Pd.
NIP:19620529
198305 1 001
|
Wangunjaya
I,
13
September 2012
Mahasiswa,
JALALUDIN
NIM
: 818119918
|
Supervisor
II
ENJANG
HIDAYAT,
S.Pd.MM.
NIP:19600412
198201 1 003
|
LEMBAR
PENGAMATAN SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
13 September
2012
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
skor
|
Rata-rata
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Keberanian mengeluarkan pendapat
2.
Keaktifan
3.
Menghargai pendapat orang lain
4.
Kerjasama dalam kelompok
LEMBAR
EVALUASI SISWA
Nama : ………………
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
13 September
2012
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Kegiatan
yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2.
Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3.
Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan
adalah,………
4.
Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5.
Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Jawaban:
1.
…………………………………………………………………………………
2.
…………………………………………………………………………………
3.
…………………………………………………………………………………
4.
…………………………………………………………………………………
5.
…………………………………………………………………………………
RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS
I
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IV / II
Pokok Bahasan :
Kegiatan
Ekonomi Penduduk
Hari / Tanggal :
Kamis,
28
September
2012
Jam Ke : 2 ( 08.40 -
09.15 )
Alokasi Waktu : 1 X
35 menit
- Standar Kompetensi
Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota provinsi
- Kompetensi Dasar
Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya
- Indikator
- Melalui pengamatan terhadap gambar siswa dapat menjelaskan 2 macam kegiatan ekonomi penduduk denga benar
- Melalui tanya jawab tentang kegiatan ekonomi penduduk siswa dapat menjelaskan perkembangan kegiatan ekonomi dengan benar
- Tujuan Pembelajaran
Melalui
proses pembelajaran siswa
dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan
sekitar siswa dengan benar
- Tujuan Perbaikan pembelajaran
Untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi penduduk di
lingkungan sekitar siswa dengan menggunakan media gambar
- Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan ekonomi
Penduduk
Kegiatatan
ekonomi adalah kegiatan yang di lakukan orang untuk memenuhi
kebutuhannya. Contohnya: orang yang berjualan di pasar, petani yang
bekerja di sawah, guru yangmengajar di sekolah, dokter yang memeriksa
pasien.
Perkembangan
kegiatan ekonomi:
- Pada zaman dulu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara barter
- Tahap berikutnya orang mulai beternak dan bertani,memlihara hewan dan mengolah tanah
- Ketika zaman makin maju orang mulai mencari cara baru untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seprti jadi penjahit, pedagang, sopir, guru, dokter
Ada
tiga jenis kebutuhan hidup yaitu:
- Kebutuhan pokok atau primer
- Kebutuhan tambahan atau sekunder
- Kebutuhan tersier
Gambar macam-macam
kegiatan ekonomi
- Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal ( ± 5 menit )
- Mengkondisikan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyiapkan alat tulis.
- Mengapersepsi siswa melalui pertanyaan:
- Kegiatan apa saja yang kalian ketahui yang di lakukan oleh masyarakat di sekitar kalian?
- Pekerjaan apa saja yang di lakukan masyarakat di sekitar kalian?
- Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu melalui proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan macam-macam kegiatan ekonomi penduduk di lingkungan sekitar siswa dengan benar
2.
Kegiatan Inti ( ± 25 menit )
1.
Eksplorasi
- Guru mengeksplorasi siswa melalui:
- Pertanyaan pancingan, gambar apa ini ? ( guru menunjuk ke media peraga tentang gambar kegiatan ekonomi penduduk )
- Tanggapan atas pernyataan siswa yang lain
2.
Elaborasi
- Guru menempelkan media peraga di papan tulis berupa contoh gambar kegiatan ekonomi penduduk.
- Ketika guru menjelaskan materi pembelajaran tentang kegiatan ekonomi penduduk melalui media peraga sementara siswa memperhatikannya
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum di pahaminya
- Siswa dengan arahan guru membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi.
- Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan LKS, sementara guru melakukan penilaian proses
- Konfirmasi
- Melalui kelompoknya siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya
- Guru bersama dengan siswa menyimpulkan hasil diskusi
4.Kegiatan
Akhir ( ± 10 menit )
- Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi
- Melaksanakan evaluasi akhir
- Guru menindaklanjuti pembelajaran dengan pesan moral: agar siswa rajin belajar
- Sarana, Sumber Belajar dan Media
- Kurikulum dan silabus KTSP SD kelas IV.
- Buku paket IPS (bse ) SD/MI kelas IV.
- Karangan : Tantya Hisnu P, Winardi
- Halaman : 134 – 135
- Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasonal
- Media : Gambar kegiatan ekonomi penduduk
- Metode
A.
Ceramah
bervariasi.
B.
Tanya
jawab.
C.
Diskusi.
D.
Penugasan.
- Evaluasi
A.
Prosedur
tes : tes awal melalui apersepsi
tes proses melalui pengamatan
tes akhir melalui butir soal
B.
Jenis
tes : tes tulisan
C.
Bentuk
tes : uraian
- Alat tes : butir soal dan LKS
Butir-butir
soal:
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Kegiatan
yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2.
Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3.
Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan
adalah,………
4.
Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5.
Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Kunci
jawaban:
1.
Kegiatan ekonomi
2.
Memenuhi kebutuhan hidup
3.
Laut
4.
Barter
5.
Primer
Kriteria Penilaian:
Jumlah jawaban
benar X 20 = Nilai Akhir
Mengetahui
Kepala
SDN
Wangunjaya
I,
MUTI
JOHARI,S.Pd
NIP.19620529
198305 1 001
|
Wangunjaya
I, 28 September 2012
Mahasiswa,
JALALUDIN
NIM
: 818119918
|
Suvervisor
2
ENJANG
HIDAYAT,
S.Pd.MM.
NIP.19600412
198201 1 003
|
LEMBAR
EVALUASI SISWA
Nama : ……………
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
28
September
2012
Petunjuk
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Kegiatan
yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
………………………………………………………………………………….
2.
Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3.
Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bgai masyarakat nelayan
adalah,………
4.
Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5.
Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Jawaban:
1.
…………………………………………………………………………………
2.
…………………………………………………………………………………
3.
…………………………………………………………………………………
4.
…………………………………………………………………………………
5.
…………………………………………………………………………………
LEMBAR
PENGAMATAN SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
28 September
2012
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
skor
|
Rata-rata
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Keberanian mengeluarkan pendapat
2.
Keaktifan
3.
Menghargai pendapat orang lain
4.
Kerjasama dalam kelompok
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
28
September
2012
Petunjuk
Lengkapilah
tabel di bawah ini dengan benar!
No
|
Jenis
Kegiatan Ekonomi
|
Tempat
terjadinya kegiatan
|
1
|
Mengajar
anak-anak di Sekolah dasar
|
|
2
|
Nelayan
menangkap ikan
|
|
3
|
Memperbaki
mobil yang rusak
|
|
4
|
Pedagang
membeli hasil bumi dari para petani
|
|
Nama
Kelompok :
|
………………………………….. |
|
Anggota
:
|
1. |
……………………………… |
|
2. |
……………………………… |
|
3. |
……………………………… |
|
4. |
……………………………… |
|
5. |
……………………………… |
RENCANA
PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS
II
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
IV / II
Pokok Bahasan :
Kegiatan
Ekonomi Penduduk
Hari / Tanggal :
Kamis,
04 Oktober 2012
Jam Ke : 2.(
08.40-09.15 )
Alokasi Waktu : 1 X
35 menit
- Standar Kompetensi
Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan
kabupaten/kota provinsi
- Kompetensi Dasar
Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya
- Indikator
- Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
- Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerahnya
- Tujuan Pembelajaran
Melalui proses
pembelajaran, diharapkan siswa dapat menjelaskan aktivitas ekonomi
yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
- Tujuan perbaikan Pembelajaran
Untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan sumber daya alam di
lingkungan sekitar siswa melalui diskusi dengan menggunakan media
gambar
- Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan
Ekonomi Penduduk dan Pemamfaatan Sumber
daya alam
Ada
tiga macam kegiatan ekonomi yaitu kegiatan, produksi, distribusi dan
konsumsi. Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang dan jasa
contohnya, pekerjaan yang menghasilkan barang yaitu petani bercocok
tanam untuk menghasilkan padi, dan ada juga pekerjaan yang
menawarkan jasa yaitu dokter yang menyembuhkan orang yang sakit, guru
mengajar dan mendidik para siswa. Distribusi adalah menyalurkan
barang produksi dari produsen ke konsumen. Contohnya penjual sepatu,
penjual beras dll. Konsumsi adalah kegiatan memakai barang-barang
produksi. Pemanfaatan sumber daya alam di bagi dua yaitu:
- Sumber daya alam biotik adalah sumber daya alam mahluk hidup. Contohnya hewan dan tumbuhan dll.
- Sumber daya alam abiotik sumber daya alam bukan mahluk hidup contohnya sungai, air, udara dll.
- Langkah-Langkah Pembelajatran
1.
Kegiatan Awal (±
5 menit)
- Mengkondisikan siswa agar aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara berdo’a, mengabsen dan menyiapkan alat tulis.
- Mengapersepsi siswa melalui pertanyaan dengan memberikan pertanyaan
- Kegiatan apa saja yang kalian ketahui tetang kegiatan pemamanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar kalian?
- Pekerjaan apa saja yang di lakukan masyarakat di sekitar kalian tetang kegiatan pemamanfaatan sumber daya alam?
- Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu melalui proses pembelajaran siswa dapat menjelaskan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar siswa dengan benar
2.
Kegiatan Inti (±
20
menit)
- Eksplorasi
Guru
mengeksplorasi
siswa melalui:
- Pertanyaan pancingan, gambar apa ini ? (guru menunjuk ke alat peraga media gambar tentang pemanfaatan sumber daya alam)
- Tanggapan atas pernyataan siswa lain
- Elaborasi
- Guru menempelkan media peraga berupa contoh gambar tentang pemanfaatan sumber daya alam
- Ketika guru menjelaskan materi pembelajaran tentang pemanfaatan sumber daya alam melalui media peraga sementara siswa memperhatikannya.
- Siswa di beri kesempatan untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang belum di pahaminya.
- Siswa dengan arahan guru membentuk kelompok kecil untuk berdiskusi.
- Dengan bimbingan guru, siswa mengerjakan LKS.
- Ketika para siswa bekerja kelompok, guru melaksanakan pengamatan proses.
- Konfirmasi
- Melalui kelompoknya siswa mempersentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya.
- Guru bersama-sama siswa menyimpulkan hasil diskusinya
3.
Kegiatan Akhir
(±
10
menit)
- Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang baru di pelajarinya.
- Melaksanakan evaluasi akhir.
- Guru menindaklanjuti pembelajaran dengan pesan moral: agar siswa lebih rajin dalam belajarnya.
- Sarana dan Sumber Belajar
- Kurikulum dan silabus KTSP SD kelas IV.
- Buku paket IPS (bse ) SD/MI kelas IV.
- Karangan : Tantya Hisnu P, Winardi
- Halaman : 138 – 141
- Penerbit : Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
- Media : Gambar pada karton tentang kegiatan ekonomi penduduk
- Metode
- Ceramah bervariasi.
- Tanya jawab.
- Diskusi.
- Penugasan.
- Evaluasi
- Prosedur tes: tes awal melalui apersepsi
tes proses melalui pengamatan
tes akhir melalui butir soal
2.
Jenis
tes : tes tulisan
3.
Bentuk
tes : uraian
4.
Alat
tes : butir soal dan LKS
Butir-butir
soal:
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Sebutkan
3 macam kegiatan ekonomi ………………………………………
2.
Kegiatann
menyalurkan barang produksi dari pengguna di sebut …………
3.
Apa
yang di maksud dengan produksi ………………………………………
4.
Di
bagi berapakah pemanfaatan sumber daya alam? sebutkan …………….
5.
Tanah,
air, sungai, udara termasuk contoh sumber daya alam …………….
Kunci
jawaban
1.
Produksi, distribusi dan konsumsi
2.
Distribusi
3.
Kegiatan menghasilkan barang dan jasa
4.
Di bagi 2, yaitu SDA mahluk hidup dan SDA bukan mahluk hidup
5.
SDA bukan mahluk hidup (abiotik)
Kriteria Penilaian:
Jumlah jawaban
benar X 20=
Nilai Akhir
Mengetahui
|
Wangunjaya
I, 04
Oktober 2012
|
Kepala
SDN Wangunjaya
I,
MUTI
JOHARI, S.Pd.
NIP
: 19620529
198305 1 001
Penguji,
I
ENJANG
HIDAYAT,
S.Pd.MM.
NIP:
19600412
198201 1 003
|
Mahasiswa,
JALALUDIN
NIM
: 8118119918
Penguji,
II
YOYO
NURBAYAN, S.Pd.
NIP:
19670102
199103 1 008
|
LEMBAR
EVALUASI SISWA
Nama:……………………
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / 1I
Hari
/ Tanggal : Kamis,
04 Oktober
2012
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Sebutkan
3 macam kegiatan ekonomi ………………………………………
2.
Kegiatann
menyalurkan barang produksi dari pengguna di sebut …………
3.
Apa
yang di maksud dengan produksi ………………………………………
4.
Di
bagi berapakah pemanfaatan sumber daya alam? sebutkan …………….
5.
Tanah,
air, sungai, udara termasuk contoh sumber daya alam …………….
Jawaban:
1.
……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................
LEMBAR
PENGAMATAN SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
04 Oktober
2012
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
skor
|
Rata-rata
|
Ket.
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Keberanian
mengeluarkan pendapat
2.
Keaktifan
3.
Menghargai
pendapat orang lain
4.
Kerjasama
dalam kelompok
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas
/ Semester
: IV / II
Hari
/ Tanggal : Kamis,
04 Oktober
2012
Petunjuk!
Lengkapilah
tabel di bawah ini dengan benar!
No
|
Kegiatan
ekonomi
|
Produksi
|
Distribusi
|
Konsumsi
|
1
|
Menjahit
baju
|
|
|
|
2
|
Membeli
buku tulis
|
|
|
|
3
|
Menjual
sayur-sayuran
|
|
|
|
4
|
Memakai
sepatu baru
|
|
|
|
5
|
Merawat
orang sakit
|
|
|
|
Nama
Kelompok :
|
………………………………….. |
|
Anggota
:
|
1. |
……………………………… |
|
2. |
……………………………… |
|
3. |
……………………………… |
|
4. |
……………………………… |
|
5. |
……………………………… |
JURNAL
BIMBINGAN
SEPERVISOR
2 PKP
NIM
/ MAHASISWA
: 818119918
/ JALALUDIN
MENGAJAR
DI KELAS : IV
(EMPAT )
SEKOLAH
: SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK
: 30
( Tiga
puluh
)
|
1
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil/Komentar
|
Tindak
lanjut
|
Paraf
|
|
||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
|
Mhs
|
Sup
2
|
|
||||||||
|
Kamis,
13 September
2012 |
-
Revisi RPP
IPS
-
Mandiri
1
|
|
1.
Buat
RPP yang sesuai untuk siklus 1
|
|
|
|
||||
Supervisor
I,
ANI
PINAYANI, DRS.MM.
NIP:
196206
198803 1 001
No. HP:
|
|
Bungbulang,
13
September 2012
Supervisor
2,
ENJANG
HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP:
19600412198201 1 003
No. HP: 085323121678 |
|
JURNAL
BIMBINGAN
SEPERVISOR
2 PKP
NIM
/ MAHASISWA
: 818119918
/ JALALUDIN
MENGAJAR
DI KELAS : IV
(EMPAT )
SEKOLAH
: SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK
: 30
( Tiga
puluh
)
2
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil/Komentar
|
Tindak
lanjut
|
Paraf
|
||||
Mhs
|
Sup
2
|
||||||||
Kamis,
20 September 2012
|
|
|
|
|
|
||||
|
Supervisor
I,
ANI
PINAYANI, DRS.MM.
NIP:
196206
198803 1 001
No. HP:
|
|
Bungbulang,
20
September
2012
Supervisor
2,
ENJANG
HIDAYAT, S.Pd.MM.
NIP:
19600412198201 1 003
No. HP:
085323121678 |
|
JURNAL
BIMBINGAN
SEPERVISOR
2 PKP
NIM
/ MAHASISWA
: 818119918
/ JALALUDIN
MENGAJAR
DI KELAS : IV
(EMPAT )
SEKOLAH
: SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK
: 30
( Tiga
puluh
)
|
3
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil/Komentar
|
Tindak lanjut
|
Paraf
|
||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
|
Mhs
|
Sup 2
|
||||||||
|
Jumat,28
September 2012 |
|
|
|
|
|
||||
Supervisor
I,
ANI
PINAYANI, DRS.MM
NIP:
196206
198803 1 001
No. HP: |
|
Bungbulang,
28
September 2012
Supervisor
2,
ENJANG
HIDAYAT,S.Pd.MM
NIP:
19600412198201 1 003
No. HP:
085323121678 |
|
JURNAL
BIMBINGAN
SEPERVISOR
2 PKP
NIM
/ MAHASISWA
: 818119918
/ JALALUDIN
MENGAJAR
DI KELAS : IV
(EMPAT )
SEKOLAH
: SDN WANGUNJAYA I
KELOMPOK
: 30
( Tiga
puluh
)
|
4
|
Hari/Tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil/Komentar
|
Tindak
lanjut
|
Paraf
|
||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
|
Mhs
|
Sup
2
|
||||||||
|
Kamis,
04
Oktober
2012
|
|
|
|
|
|
||||
Supervisor
I,
ANI
PINAYANI, DRS.MM.
NIP:
196206
198803 1 001
No. HP: |
|
Bungbulang,
04
Oktober 2012
Supervisor
2,
ENJANG
HIDAYAT,S.Pd.MM.
NIP:
19600412198201 1 003
No. HP:
085323121678 |
|
HASIL
PEKERJAAN SISWA TERBAIK DAN TERBURUK PER SIKLUS
Alat
Penilaian Siswa Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(
Prasiklus
)
Nama
Sekolah : SDN Wangunjaya I
Kelas/Semester :
IV/
II
Pokok
Bahasan : Kegiatan
Ekonomi Penduduk
Hari/tanggal :
Kamis, 13 September
2012
Jam
Ke : 2 (08.40-09.15)
Nama
Siswa
|
Nilai
|
Paraf
|
|
|
|
Siswa
|
Guru
|
|
|
Butir-butir
soal:
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Kegiatan
yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
untuk
……………………………………………………………………………
2.
Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3.
Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan
adalah,………
4.
Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5.
Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Jawaban:
1.
……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................
Alat
Penilaian Siswa Pada Rencana Perbaikan Pembelajaran
(
Siklus
I
)
Nama
Sekolah : SDN Wangunjaya I
Kelas/Semester :
IV/II
Pokok
Bahasan : Kegiatan
Ekonomi Penduduk
Hari/tanggal :
Kamis,28 September
2012
Jam
Ke : 2 (08.40-09.15)
Nama
Siswa
|
Nilai
|
Paraf
|
|
|
|
Siswa
|
Guru
|
|
|
Butir-butir
soal:
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Kegiatan
yang di lakukan orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, adalah
untuk
……………………………………………………………………………
2.
Tujuan manusia melakukan kegiatan ekonomi, adalah ……………………….
3.
Tempat terjadinya kegiatan ekonomi bagi masyarakat nelayan
adalah,………
4.
Pertukaran barang barang dengan barang adalah, ………………………..........
5.
Kebutuhan pokok manusia di sebut kebutuhan, ……………………………….
Jawaban:
1.
……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................
Alat
Penilaian Siswa Pada Rencana Perbaikan Pembelajaran
(
Siklus
II
)
Nama
Sekolah : SDN Wangunjaya I
Kelas/Semester :
IV/II
Pokok
Bahasan : Kegiatan
Ekonomi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Hari/tanggal :
Kamis, 04 Oktober
2012
Jam
Ke : 2 (08.40-09.15)
Nama
Siswa
|
Nilai
|
Paraf
|
|
|
|
Siswa
|
Guru
|
|
|
Butir-butir
soal:
Isilah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Sebutkan
3 macam kegiatan ekonomi ………………………………………
2.
Kegiatann
menyalurkan barang produksi dari pengguna di sebut …………
3.
Apa
yang di maksud dengan produksi ………………………………………
4.
Di
bagi berapakah pemanfaatan sumber daya alam? sebutkan …………….
5.
Tanah,
air, sungai, udara termasuk contoh sumber daya alam …………….
Jawaban:
1.
……………………………………………………………..............................
2……………………………………………………………................................
3……………………………………………………………................................
4……………………………………………………………................................
5……………………………………………………………................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar